Jumat, 29 Maret 2013

Kakiage


Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

    Kakiage wortel
    ・  120 gram wortel

    Kakiage udang dan bawang bombay
    ・ 6 ekor udang (100 gram dengan kulit tapi bagian kepala dibuang)
    ・ 80 gram bawang bombay

    Adonan
    ・  ½ (2 sendok makan atau 30 gram) telur kocok
    ・ 1 gelas (200 ml) air es
    ・  1½ gelas (150 gram) tepung terigu 

    Minyak sayur untuk menggoreng

    Saus Celup Tendashi
    ・150 ml air
    ・ 2 sendok makan (30 ml) kecap asin
    ・ 2 sendok teh (6 gram) gula
    ・½ gelas (4 gram) katsuo-bushi (parutan ikan cakalang)

    Pelengkap (opsional)
    sedikit parutan lobak atau sedikit parutan jahe, menurut selera

Cara Memasak

  1. Potong-potong wortel berbentuk batang korek berukuran panjang 6 cm dan tebal ½ cm.
  2. Cincang bawang bombay menjadi potongan sebesar 1 cm. Kuliti dan bersihkan udang, potong-potong sebesar 1 cm.
  3. Tempatkan air es dan telur kocok ke dalam mangkuk. Tambahkan tepung terigu lalu aduk adonan. Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama. Ke dalam adonan pertama masukkan potongan wortel, sementara ke dalam adonan kedua masukkan potongan udang dan bawang bombay.
  4. Panaskan minyak sayur hingga suhu 160º Celsius. Masukkan satu sendok adonan ke dalam penggorengan. Goreng selama kira-kira 4 menit hingga renyah.
  5. Untuk membuat sausnya, masukkan seluruh bahan saus ke dalam panci, didihkan dan saring. Parutan lobak atau jahe dapat disajikan bersama saus.
Catatan Perjalanan Akiko Watanabe di Vietnam
 
Saya mengadakan kursus memasak dan membuat kakiage di hadapan para pendengar Radio Jepang di Hanoi, Vietnam, awal Oktober lalu. Semua bahan-bahannya didapat dari pasar, toko dan pasar swalayan setempat. Saya takjub melihat berbagai macam makanan yang tersedia; terutama bahan untuk masakan Jepang. Sejumlah pasar swalayan bahkan menjual kecap Jepang, katsuo-bushi (parutan ikan cakalang) dan rumput laut nori.
Resep dalam kursus memasak ini disiapkan dalam bahasa Vietnam dan dibagikan kepada para peserta yang dengan tekun mencatat dan berusaha keras mendengar apa yang saya sampaikan. Ini adalah pertama kalinya saya bertemu mereka, namun pertemuan itu sangat mengesankan bagi saya melihat betapa mereka tertarik dan betapa terkenalnya masakan Jepang. Berkat pertemuan ini, saya akan terus memperkenalkan sejumlah masakan Jepang yang dapat dibuat di luar Jepang. 
 
Kakiage: Saran Penyajian 
 
Kakiage dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam makanan laut (misalnya cumi-cumi, kerang, dll.) dan makanan lainnya yang sedang musim. Di Jepang, kakiage sering dimakan bersama semangkuk mi soba atau mi udon. Kakiage juga dapat disajikan di atas semangkuk nasi. Untuk menambah harum kakiage, gorenglah menggunakan minyak wijen.



Search : http://www3.nhk.or.jp/nhkworld/cooking/indonesian/20111111.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar