Sabtu, 24 Maret 2012

kuliner korea



Kuliner Korea

Kalau kalian suka banget sama semua yang berbau Kore. Pastinya kalian semua udah tau dong makanan khas Korea?? Secara umum yang spontan disebutkan oleh orang-orang kimchi yang rasanya pedas…
Yup, itu merupakan salah satu di antaranya, yang aku ingin posting kali ini adalah kuliner khas Korea yang wajib temen-temen ketahui…
mau tahu  apa aja, lansung dibaca ya temen-temen….. ><

Masakan Dari Daging
Bulgogi
Galb
  •  Bulbogi, yaitu daging sapi yang diramu dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulbogi bisa disebut juga dengan daging api.
  •   Galbi, yaitu daging sapi yang dipanggang dengan arang dan dibumbui. Potongannya (irisan dagingnya) lebih tipis dari bulbogi.
  •   Hoe, yaitu makanan laut mentah yang biasa dicelupkan dengan saus cabai atau kecap asin.

Mie

kalguksu

Raengmyon 
Jajangmyon   
Ramyeon

Ø  Raengmyon, biasa dikenal dengan mie dingin. Mie khas daerah pyeongyang ini biasanya dikonsumsi pada saat musim panas. Biasanya mie tipis ini dicampur dengan gandum, kuah tulang sapi, telur rebus dan daging sapi.
Ø  Jajangmyeon, yaitu berupa mie saus kacang kedelai hitam ini begitu digemari di Korea. Padahal, gosipnya sih Jajangmyeon adalah mie khas Beijing yang divariasikan dengan cita rasa khas Korea.
Ø  Kalguksu, yaitu mie tipis dengan campuran kuah ikan tuna dan sayuran.
Ø  Ramyeon, yaitu mie khas Korea. Tapi, beda dengan mie ramen Jepang. Mie Ramyeon ini bisa diartikan mie instan yang dijual dalam kemasan. Makanan ini dimasak dengan kuah yang sangat pedas dan biasa juga ditambah dengan sayuran dan daging.

Masakan Isatana Dinasti Joseun
Dinasti Joseun merupakan Dinasti yang cukup lama memerintah kerajaan di Korea, yaitu dari tahun 1932-1910. Ada beberapa hidangan yang terdiri dari sup dan sapi, yaitu :


  
Jeonyunhwa 

§  Sura, yaitu (semangkuk nasi dan biji-bijian). Sura yang paling enak itu Goldongban (nasi yang diracik dengan sayuran kukus, daging sapi panggang, dan telur dadar. Menu itu ialah Bimbimbapnya istana.
§  Guksu, yaitu mie yang terbuat dari tepung gandum atau buckwheat.
§  Tang atau Guk, yaitu jenis sup yang diramu dari rebusan tulang kering, usus dan tulang kaki sapi.
§  Jjim dan Seon, yaitu rebusan daging-dagingan, sayuran plus tahu.
§  Saengchae, yaitu hidangan salad berupa bumbu cabe, garam, bawang putih dan bawang merah.
§  Jeonyuhwa, yaitu jenis pancake yang terbuat dari campuran tepung dan telur. Bisa juga dicampur dengan kacang hijau.
§  Gui, yaitu daging yang dipanggang dan dibumbui  dengan bahan-bahan dari rumput laut, daging sapi, ikan dan jamur.
§  Yukhoe, yaitu daging sapi mentah yang dibumbui.
Umumnya masakan istana harus memiliki harmonisasi dan kontras dari perpaduan panas-dingin, pedas-tawar,keras-lembut, padat-cair, dan keseimbangan warna. Umumnya, restoran yang menyediakan makanan istana ini berserakan di Seoul.

Makanan yang Familiar di Korea.

ü  Kimchi

Masyarakat Korea sudah mengkonsumsi Kimchi sejak tahun 1700 tahun lalu. Kimchi ialah jenis makanan fermentasi yang bahan-bahannya berasal dari sayuran seperti ketimun, sawi dan lobak. Di Korea sendiri, ada beberapa jenis Kimchi, diantaranya Baechu Kimchi, dan Chonkak Kimchi. Kimchi bisa disantap langsung ( istilahnya bisa digado) atau bisa sebagai makanan pembuka. Untuk bisa mendapatkan Kimchi yang enak, hal yang harus diperhatikan ialah dalam memilih sawi. Kimchi akan terasa lebih enak jika tidak terlalu berani menambahkan garam. Bagi orang Korea, Kimchi adalah makanan yang penuh sejarah. Soalnya, Kimchi juga awal dari revolusi makanan di Korea.

ü  Bimbimbap

Biasa disebut sebagai nasi campur. Bimbimbap sudah dikenal sebagai makanan khas  di jeonju. Hidangan ini berupa nasi yang dicampur dengan aneka jenis sayuran, daging sapi, dan telur. Bimbimbap bisa juga divariasikan dengan baging sapi cincang mentah dan telur mentah.
ü  Gimbap

Makanan ini biasa dikenal dengan nasi rumput laut. Tentunya nasi tersebut diramu dengan rumput laut kering (kim). Gimbap ini pun biasa divariasikan dengan sayuran, telur goring, sosis, daging dan ikan. Kalau mau lebih enak, tambahlah ikan tuna, keju dan bulbogi.

Memo:
*      Umumnya sebagian besar masakan Korea terbuat dari bahan seperti beras, mie, sayuran dan daging. Dan tentunya ngak lepas dari bumbu seperti bawang putih. Korea ialah Negara yang masyarakatnya terkenal sebagai pengkonsumsi bawang putih terbesar di dunia.
*      Orang Korea biasa makan dengan duduk di atas bantal tanpa kursi, pada meja rendah dengan kaki menyilang. Mereka biasa menggunakan sumpit baja (jeotgarak) dan sendok panjang (sutgarak).
*      Untuk etika makan, orang yang lebih tua dan tamu harus diperlakukan dengan hormat dan diberi kesempatan mengambil makanan terlebih dahulu.
*      Setiap daerah memiliki bmakanan khas, seperti Bimbimbap yang berasal dari daerah Jeonju dan Naengnyeon dari daerah Pyeongyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar